TENTANG KAMI

GRAPESDAGRAPESDA KALIMANTAN , Adalah :

Environment Organization / Organisasi Lingkungan hidup :

Website : www.grapesda.org

Weblog : http://www.grapesdakalimantan1.wordpress.com/

Facebook        :  https://web.facebook.com/Grapesda.Official/
Twitter             :  https://twitter.com/Mabes_Grapesda

Instagram        : https://www.instagram.com/grapesda.kalimantan/

LinkedIn          : https://id.linkedin.com/in/grapesda-kalimantan

Medium           : https://medium.com/@Mabes.Grapesda

Ask.Fm            : http://ask.fm/Grapesda_Kalimantan

Prendster        : https://friendster.id/GrapesdaKalimantan

 

Misi / Mission :Menyelamatkan Lingkungan Hidup Indonesia ( Saving the Environment Indonesia )

Visi / Vission : Menjaga kelestarian Liingkungan hidup Indonesia di Kalimantan ( To preserve the Environment In Kalimantan Indonesia )

Alamat / Address : Markas Besar / Headquarter : Jl. Taruna ,RT.24/5 Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan ,Kutai Kartanegara ,  Kalimantan Timur,Indonesia .: Phone . 0541 – 265763 .

Slogan : Save Indonesia , Save Kalimantan , Salam Bhakti Bumi GRAPESDA KALIMANTAN

 

GERAKAN PENYELAMATAN SUMBER DAYA ALAM KALIMANTAN , yang di singkat GRAPESDA KALIMANTAN ,Adalah sebuah Organisasi Lingkungan Hidup dan Organisasi sosial kemasyarakatan.Berdasar pada keprihatinan melihat semakin parahnya kerusakan alam Indonesia khususnya Alam Kalimantan melahirkan pemikiran untuk ikut berperan serta dalam hal penyelamatan SDA dan lingkungan dalam arti luas.
Pemikiran-pemikiran tersebut menjadi sebuah konsep yang diaflikasin melalui gerakan sosial media yang diberi nama Gerakan Penyelamatan Hutan Kaltim ( Graph kaltim), Gerakan ini sejak tahun 2010 aktif melakukan kritik dan kampanye tentang penyelamatan hutan dan lingkungan melalui Media jejaring sosial, namun Kritik dan kampanye melalui media sosial tidaklah cukup tanpa tindakan yang nyata.

Akhirnya dengan kebulatan tekad dan semangat pengabdian yang tulus kepada Alam dan Manusia serta untuk Pengabdian yang lebih luas yaitu Kalimantan dalam arti seluruhnya maka ( Graph Kaltim ) resmi berganti nama menjadi GRAPESDA KALIMANTAN singkatan dari ( Gerakan Penyelamatan Sumber Daya Alam Kalimantan ) dikukuhkan dengan sebuah Akte Pendirian Organisasi pada hari Senin tanggal 16 Januari 2012 di Samarinda Kalimantan Timur.
Indonesia yang merupakan Negara agraris memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah hal ini pula yang membuat para pengusaha berlomba- lomba untuk mengeksploitasi dan mengeksplorasi secara besar – besaran dan akhirnya mengenyampingkan keseimbangan alam dengan segala ekosistem didalamnya serta aktivitas tersebut juga sering kali terjadi merampas dan merusak hak-hak Masyarakat Adat yang sejak beribu-ribu tahun yang lalu dengan tatanan adatnya secara bijak dan arif mengelola SDA dan lingkungan .
Aktivitas eksploitasi SDA dewasa ini sangat bertentangan dengan UU NO 32 tahun 2009 BAB VI Pasal 57 Ayat 1,2,3,4dan 5 ,yang akhirnya menimbulkan terganggunya ekosistem serta kerusakan lingkungan dan berdampak pada pemanasan global ( Global Warming).
Aktivitas pertambangan dan perkebunan Kelapa Sawit adalah penyumbang utama untuk kerusakan alam serta hutan Kalimantan,bagaimana tidak hampir 80% aktivitas mereka tidak memenuhi kreteria AMDAL yang berlaku,belum lagi proses perizinan yang terkadang tidak sesuai dengan prosedur yang di tetapkan oleh Undang- Undang,kebijakan- kebijakan yang salah kaprah tersebut diganti dengan program CORPORATE SOCIAL RESPONCIBILITY ( CSR ) yang sangat tidak seimbang dengan kerusakan yang ada.
Hutan dibabat,Top Soil hilang dan sungai-sungai bercampur bahan kimia berbahaya, Menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian Alam dan Hutan kita serta seluruh Flora dan Fauna di dalamnya yang sejalan dengan amanat Pancasila dan Undang – Undang dasar 1945 Pasal 33 ayat 3 ,yaitu Bumi air dan segenap isinya di kuasai oleh Negara dan pergunakan sebaik-baiknya untuk kemakmuran bangsa serta mencermati UU RI No : 32 tahun 2009 Bab X Pasal 65 ayat 1,2,3 dan 4.,Pasal 66.67 maka GERAKAN PENYELAMATAN SUMBER DAYA ALAM berusaha berperan aktif menjaga kelestarian alam dan hak-hak masyarakat adat yang ada didalamnya serta berusaha menjadi mitra pemerintah pusat dan daerah .
Semoga niat baik ini bisa bermanfaat untuk penyelamatan Lingkungan Hidup dan tatanan masyarakat adat kita serta mendapat dukungan dari pemerintah dan seluruh komponen Bangsa ,demi tercapainya singkronisasi antara Alam dan Manusia dan demi tercapainya Kelestarian yang hakiki ,untuk mengurangi dampak pemanasan Global.. Aamiin.

 

Save

Save

Save