Grapesda News

” STOP PENCEMARAN AIR MAHAKAM “

Sungai Mahakam sebagai salah satu penyedia air di Kalimantan Timur saat ini berada pada posisi yang sangat megkhwatirkan , disamping sedimentasi Mahakam saat ini disinyalir telah terpapar zat – zat berbahaya dan beracun hal tersebut diakibatkan berbagai macam aktivitas manusia ,

Menurut peraturan pemerintah (PP) No. 82 tahun 2001 mengenai lingkungan, pencemaran air disebabkan oleh masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air turun hingga tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukkannya.
Sahabat kita semua menyadari bahwa setiap makhluk hidup terutama kita sebagai manusia sangat membutuhkan air untuk kehidupannya kita sehari-hari. Setiap hari kita membutuhkan air yang sehat & bersih , baik untuk keperluan minum secara langsung maupun untuk keperluan memasak, mandi, mencuci, dan lain-lain. Tahukah kita bahwa air yang sehat memenuhi beberapa syarat fisik, baik itu kimia maupun biologis untuk dapat dikonsumsi.

Secara fisik kita hanya mengetahui bahwa air yang layak adalah ketika dia tidak berbau, berasa dan tidak berwarna padahal bisa jadi dibalik air yang jernih ada zat – zat berbahaya yang tidak boleh masuk kedalam tubuh manusia
Dengan banyaknya aktivitas Eksplorasi Sumber Daya Alam di kaltim khususnya yang melakukan aktivitas di bantaran sungai Mahakam , baik aktivitas bongkar muat batu bara , pemupukan perkebunan , Industri dan kegiatan Rumah tangga , berdampak terhadap pencemaran Air Mahakam , ditambah lagi kebiasaan masyarakat membuang sampah kesungai menambah buruk kondisi Air Sungai Mahakam saat ini , karena pada dasarnya pencemaran air dapat berwujud padat dan cair bahkan ada yang bersifat organik atau anorganik.

Akibat pencemaran tersebut tanpa disadari akan berakibat buruk bagi kesehatan kita sebagai manusia dan makhluk hidup lainnya , beberapa contoh penyakit akibat pencemaran air adalah seperti penyakit jantung, kerusakan kelenjar gondok, darah tinggi, dan kaki bengkak, gangguan pada proses pembelahan sel, rusaknya kromosom, dan lebih jauh dalam waktu yang lama dapat terjadi kerusakan sistem reproduksi dan sel tubuh dan banyak lagi penyakit mematikan akibat tercemarnya air bagi kehidupan makhluk hidup teruma manusia , maka kami menghimbau kita semua untuk menjaga kelestarian Sungai Mahakam secara bersama – sama melalui diri pribadi dan keluarga , walaupun dari hal kecil yaitu menghimbau masyarakat dan keluarga kita untuk tidak membuang sampah ke sungai , kecil yang kita lakukan namun berdampak besar bagi kehidupan manusia & makhluk hidup lainnya . ( Tim Grapesda Kalimantan )
#SaveMahakam
#SaveKalimantan_SaveTheWorld
#Grapesda_Kalimantan