Grapesda News

SELAMATKAN BUMI SELAMATKAN PERADABAN

SELAMATKAN BUMI SELAMATKAN PERADABAN

Luas hutan hujan tropis Indonesia merupakan  terbesar ketiga di dunia, Saat ini hutan Indonesia menjadi sorot perhatian dunia. Namun kebanggaan tersebut saat ini hampir tidak berbanding lurus dengan kerusakan yang terjadi , lajunya tingkat deforestasi akibat dari Eksploitasi Sumber Daya Alam ( SDA ) yang berlebihan berdampak buruk bagi kelestarian alam itu sendiri .

Setiap detik hutan kita mengalami degradasi yang sangat mengkhawatirkan ,Pengelolaan hutan di Indonesia selama ini kehilangan filosofi tentang pentingnya kelestaian . Pulau Kalimantan  yang sekarang ini terbagi menjadi  5 Provinsi memiliki luasan hutan hujan sekitar 40,8 juta hektar, namun dibukanya Investasi di bilang Eksploitasi SDA di bidang Pertambangan Batu Bara dan Kelapa Sawit secara besar- besaran oleh pemerintah Daerah & Pusat menyebabkan  laju deforestasi di Kalimantan menjadi tidak terkendali , saat ini luas hutan Kalimantan tersisa kurang dari 25,5 juta hektar saja .

Program penyelamatan hutan oleh pemerintah terkesan hanyalah sebuah program ceremonial belaka , bagaimana tidak program – program tersebut secara realita tidak di inplementasikan dengan baik . Program Green Kaltim tahun 2010 misalnya dilihat dari nama program tersebut kita berharap besar memiliki dampak positif , namun sayangnya Realisasi penanaman hingga saat ini hanya mencapai 315.981.926 batang , sementara itu program 1 juta hektar perkebunan kelapa sawit terus mengiringi program Green kaltim tersebut , bahkan saat ini program 1 juta hektar perkebunan kelapa sawit tahap kedua sudah menjadi agenda pemerintah .

Program perkebunan  semakin mempercepat lajunya deforestasi di Kalimatan dan mempersempit hutan alam , sampai pada titik itu Grapesda Kalimantan berpendapat bahwa ternyata program Green Kaltim adalah program hijau daun sawit .

Untuk itu diperlukan kepedulian dan komitmen kita sebagai masyarakat  untuk bersama – sama berjuang menyelamatkan Bumi tempat hidup kita ini , mari menanam pohon demi masa depan bumi kita  ,selamatkan bumi selamatkan peradaban  . ( Penulis : Arie Yannur / Chairman Of Grapesda Kalimantan )