Grapesda News

” KASTURI SI PELIPISAN ” YANG DINYATAKAN PUNAH DI BELANTARA KALIMANTAN

Kasturi atau Pelipisan adalah tumbuhan buah jenis mangga yang terkecil didunia ,  Tumbuhan ini hanya terdapat di Hutan Kalimantan .  Kasturi yang dalam bahasa ilmiah disebut ( Mangifera casturi, ) merupakan salah satu dari sekitar 31 jenis mangga yang dapat ditemukan di Kalimantan, Namun sayangnya Tumbuhan endemik ini saat ini hanya bisa ditemui di Kalimantan selatan & sedikit di daerah Kalteng & Kaltim bahkan Flora endemik hutan hujan Kalimantan ini juga telah ditetapkan sebagai salah satu tumbuhan yang ( Extinct in the Wild ) atau telah punah dihabitat aslinya sejak tahun 1998 .

Kulit kayu kasturi berwarna putih keabu-abuan sampai coklat terang. Daun berbentuk lanset dengan ujung yang meruncing. Saat muda daun kasturi berwarna ungu tua.  Tumbuhan buah ini di habitatnya mampu mencapai tinggi 25 meter dengan diameter batang antara 40 -110 cm. Buah kasturi seperti buah mangga lainnya namun berukuran lebih kecil dengan berat kurang dari 80 gram.
Mangga Kasturi atau Pelipisan ini sebenarnya ada 3 Jenis / Varietas :

  1. Varietas pertama yaitu yang disebut Kasturi , bentuk buahnya bulat telur seperti mangga kecil, kulit buah tipis berwarna hijau bertotol hitam ketika muda dan menjadi kehitaman ketika tua. Daging buah berwarna oranye gelap. Varietas ini mempunyai aroma yang lebih harum dibandingkan varietas lainnya.
  2. Varietas kedua, Cuban ( kastuba ) memiliki buah membulat telur, dengan kulit buah berwarna kemerahan, tidak menjadi hitam ketika tua, kulit buahnya sangat mudah dipisahkan dari daging buahnya. Daging buah berwarna kuning oranye.
  3. Varietas ketiga, Pelipisan atau palipisan mempunyai buah menjorong, datar berwarna hijau pucat dengan totol hitam, bila tua tetap hijau. Daging buahnya berwarna hijau oranye kuning, berserat banyak.

Spesies mangga Kasturi atau Pelipisan ini  ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Kalimantan Selatan berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri No. 48 tahun 1989 ini merupakan tanaman endemik yang hanya tumbuh di Kalimantan Selatan saja walaupun sebenarnya semua Jenis ini awalnya tumbuh di semua Hutan Kalimantan . Kasturi dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah pada tanah aluvial dan lateral yang cukup air, namun akibat rusaknya ekosistem bumi Kalimantan akibat eksploitasi secara terus menerus mengakibatkan terjadinya deforestasi yang akhirnya berdampak buruk bagi seluruh species Flora Endemik salah satunya adalah Kasturi atau Pelipisan ini .

Kita berharap pemerintah harus melakukan langkah – langkah yang tegas dan terarah untuk melestarikan flora – flora endemik Kalimantan yang langka ini agar bisa dinikmati oleh generasi kita dimasa yang akan datang  ( Tim )