Grapesda News

HENTIKAN ALIH PUNGSI LAHAN GAMBUT UNTUK PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

HENTIKAN ALIH PUNGSI LAHAN GAMBUT UNTUK PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

Lahan gambut tropika di Kalimantan  sangat kaya dengan keanekaragaman hayati terlebih lagi kandungan Karbonnya. Perlu disadari bahwa Lahan basah yang memiliki tanah gambut yang berkarbon rapat ini merupakan rumah bagi berbagai jenis margasatwa yang telah terancam keberadaannya, seperti halnya Orang utan. Akan tetapi, hutan gambut yang sangat kaya ini telah  mengalami ancaman serius yang dilakukan oleh kebijakan alih pungsi ke perkebunan oleh pemerintah . Akibat alih pungsi tersebut  menyebabkan meningginya  emisi karbondioksida (CO2) yang sangat besar ini  mengancam kelestarian  habitat binatang-binatang langka yang juga sudah berada diambang kepunahan.

Lahan gambut sedikitnya menyimpan 550 Gigaton karbon dalam lapisan tanah organiknya, jumlah ini  dua kali lipat jumlah karbon yang tersimpan di hutan di seluruh dunia. Penyimpanan karbon oleh lahan gambut ini pada dasarnya membantu mengurangi terjadinya perubahan iklim global. Di Indonesia, lahan gambut mencakup luas 20,6 juta hektar atau sekitar 10,8% dari luas daratan negara Indonesia.

Namun Kegiatan alih pungsi lahan gambut  ke perkebunan perkebunan kelapa sawit , telah menyebabkan kerusakan parah pada lahan gambut  khususnya lahan gambut di wilayah  Kalimantan. bukannya diperuntukkan  menyimpan karbon, justru lahan gambut dirusak tersebut sedemikian rupa dan menyebabkan sumber terjadinya  emisi gas rumah kaca dalam jumlah yang sangat besar dewasa ini .

Perlu kesadaran kita bersama,  khususnya pemerintah  ketika membuat sebuah kebijakan tentang penerbitan HGU  lahan perkebunan kelapa sawit harusnya lebih teliti jangan asal terbitkan ijin saja, Ujar Ketua Umum Grapesda Kalimantan. ” Lahan dan rawa gambut yang tersisa harus dipertahankan apapun caranya ” ujarnya . Kerukan Alam kalimantan ini menurut Arie Yannur merupakan dampak dari kerakusan para Politisi yang biasanya melukan deal-deal politik dengan jaminan kemudahan Investasi SDA pada pengusaha .

Saatnya kita melakukan Restorasi pola pikir kita , khususnya para politisi yang kemaruk kekuasaan tentang arti pentingnya kelestarian alam kalimantan, khususnya lestarinya Lahan Gambut kita sebagai salah satu penunjang utama kehidupan manusia ( Grapesda Kalimantan )

Grapesda Kalimantan
Grapesda Kalimantan
Environment Organization [ Organisasi Lingkungan Hidup ] Didirikan di Samarinda Tanggal 16 Januari 2012 Ketua Umum : Arie Yannur
http://www.grapesda.org