Grapesda News MASYARAKAT ADAT

GRAPESDA KALIMANTAN INGATKAN PERUSAHAAN TAMBANG TENTANG HAK-HAK MASYARAKAT

Kamis Tanggal 09 November 2017, Grapesda Kalimantan kembali memfasilitasi Aspirasi masyarakat RT.01 Dusun 1 Desa Loa Duri Ilir yang merupakan Masyarakat yang berdomisili di sekitar conveyor Batu Bara PT. KPP yang di wakili oleh rekan-rekan organisasi GEMA guna menuntut hak-hak mereka perihal segala sesuatu yang berkaitan dengan dampak lingkungan akibat aktivitas perusahaan . Grapesda meminta pihak managemen melaksanakan Aktivitas Sebagaimana ketentuan UU No 4 Tahun 2009 Tentang Minerba dan Permen ESDM No 05 Tahun 2016 Serta Permen ESDM Nomor 34 Tahun 2017, tentang Baku mutu air & baku Mutu Udara .

Grapesda Kalimantan, juga meminta pihak Perusahaan PT. KPP untuk mengenyampingkan Peraturan Perusahaan yang berkaitan dengan ketenaga kerjaan yang tidak Relevan di terapkan untuk masyarakat sekitar aktivitas pertambangan . Grapesda Kalimantan pada kesempatan ini mengingatkan dalam aktivitasnya pihak Managemen PT. KPP untuk tidak melanggar Hak Azasi Manusia karena hak mendapatkan jaminan kesehatan dan mendapatkan pekerjaan di atur dalam UU Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan serta Pasal 12 ayat (1) Konvensi Internasional tentang Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya .
Terlebih lagi secara jelas disebutkan pada Pasal 28 H ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan begitu pula yang tercantum dalam Pasal 9 UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia .

Grapesda Kalimantan mengucapkan Terima Kasih kepada aparat Polri & TNI yang pada hari ini juga ikut menjadi penengah dalam persoalan tersebut.
Semoga hal ini menjadi pembelajaran serta Komitmen berkelanjutan dari semua pihak mengingat Azas keadilan yang melekat pada masyarakat sekitar aktivitas pertambangan .          ( Tim Grapesda Kalimantan )

Save

Save

Grapesda Kalimantan
Grapesda Kalimantan
Environment Organization [ Organisasi Lingkungan Hidup ] Didirikan di Samarinda Tanggal 16 Januari 2012 Ketua Umum : Arie Yannur
http://www.grapesda.org